Curug Penisan Surga Tersembunyi Untuk Dikunjungi

Curug Penisihan - Curug Penisihan merupakan aliran Sungai Klawing (sungai terbesar yang membelah wilayah Purbalingga) yang letaknya hampir mendekati hulu sungai. Curug ini masuk Desa Palumbungan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Nama Penisihan sendiri diambil dari salah satu grumbul (dusun) di Desa Palumbungan dan curug itu berada di wilayah Grumbul Penisihan. Desa Palumbungan adalah salah satu desa yang terletak di kaki Pegunungan Plana, karena dekat dengan hulu sungai, Curug Penisihan hampir tidak pernah kering sepanjang musim.
Ig from : @wonderfulpurbalingga
Lokasi yang Ditempuh Menuju Tempat Wisata Curug Penisihan

Untuk sampai ke Curug Penisihan, berjarak sekitar 14 kilometer ke arah utara dari pusat Kota Purbalingga dan 2 kilometer arah utara dari pusat Kecamatan Bobotsari. Bila berkendaraan umum, dari terminal Purbalingga bisa naik bis kecil jurusan Purwokerto-Bobotsari, bis sedang jurusan Purwokerto-Pemalang, atau angkutan kota jurusan Purbalingga-Bobotsari.

Setelah sampai di terminal Bobotsari, untuk sampai ke Desa Palumbungan bisa naik angkutan desa jurusan Palumbungan atau naik ojek. Dari Grumbul Penisihan, untuk mencapai Curug Penisihan, harus berjalan menelusuri sawah dan tebing yang semakin memanjakan pandangan kita pada keindahan alam dan tantangan tersendiri.

Tiket atau Harga Masuk ke Tempat Wisata Curug Penisihan
 Ig from : @instapurbalingga
Untuk biaya masuk sangatlah terjangkau karena masih murah dan tidak juga mengocek dompet yaitu dengan tiket masuk sebesar Rp.3.000 per orang kita dapat memasuki Tempat Wisata Curug Penisihan, dan juga ada yang mengelola menjadikan Tempat Wisata Curug Penisihan tetap bersih dan indah.

Pesona yang Kalian Dapatkan di Tempat Wisata Curug Penisihan
Ig from : @instapurbalingga
Curug dengan ketinggian sekitar 8 meter ini jatuh kembali pada aliran sungai berbentuk kolam berdiameter sekitar 25 meter dengan kedalaman sekitar 10 meter. Air jatuhan itu tampak biru kehijauan menandakan kedalamannya.Air Curug Penisihan merupakan aliran Sungai Klawing (sungai terbesar yang membelah wilayah Purbalingga) yang letaknya hampir mendekati hulu sungai.

Air terjun yang jatuh cukup deras di Curug Penisihan dengan kubangan jatuhnya air yang luas dan dalam, menjadi kehidupan berbagai jenis ikan sungai. Dengan demikian, para penghobi mancing pun berdatangan hampir setiap harinya.

Fasilitas yang Diberikan di Tempat Wisata Curug Penisihan

Untuk fasilitas diwilayah Tempat Wisata Curug Penisihan  ini terbilang sangatlah komplit karena telah tersedia fasilitas-fasilitas pendukung buat liburan kalian yaitu :
1. Tempat Beribadah ( seperti Masjid atau Mushola)
2. Parkiran Kendaraan Pribadi seperti sepeda motor atau bahkan mobil
3. Rumah makan atau Warung
4. Tempat peristirahatan
5. Kamar Mandi atau WC

Ayolah berkunjung kewisata Curug Penisihan kalian ngga bakalan nyesel deh. Dan jangan lupa apabila kalian berkunjung kesini ajak keluarga dan teman-teman kalian yah.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Curug Penisan Surga Tersembunyi Untuk Dikunjungi"

  1. Destinasi yg dangat bagus untuk dikunjungi min, thakns to info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sama2 gan. Masih banyak kok yang lebih bagus lagi

      Hapus