Keindahan Danau Situ Patenggang yang Wajib Dikunjungi

Danau Situ Patenggang - Tempat Wisata Danau Situ Patenggang adalah sebuah danau yang berada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Danau ini merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau nan eksotik.
Ig from : @nurmalasarilala
Sedikit bercerita asal muasal danau ini, Situ Patenggang ini berasal dari bahasa sunda, Situ artinya “danau” dan Pateangan-pateangan berarti “saling mencari”.Dari situ ada sebuah cerita rakyat atau mitos yang berkembang secara turun temurun layaknya di Danau Biru, Gunung Tangkuban Perahu maupun Curug Bidadari yang mengisahkan cinta prabu dan putri titisan dewi yang tumbuh dewasa bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Lokasi yang Ditempuh Menuju Tempat Wisata Danau Situ Patenggang

Objek Wisata ini berada di Jl. Raya Ciwidey, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Didukung dengan kondisi jalan yang baik, aspal yang rata memudahkan anda ke objek wisata ini. Beberapa jalur alternatif yang bisa anda pilih baik yang langsung dari pusat Kota Bandung maupun anda yang dari luar daerah seperti Jakarta bisa mencoba jalur ini.

Alternatif Pertama, anda bisa menyetir kendaraan anda ke Cipularang, sampai di tol masuklah di pintu tol Kopo. Keluar dari tol ikuti arah yang menuju Soreang, lalu Ciwidey, dari Ciwidey hanya membutuhkan jarak 14,2 km ke Situ Patenggang.

Alternatif ke dua, anda bisa menyetir kendaraan ke Cipularang, masuk ke tol Buah Batu, lalu ikuti petunjuk arah ke Banjaran. Dari Banjaran anda mesti ke Soreang lalu menuju ke Ciwidey dan terakhir menuju ke objek wisata Situ Patenggang.

Dan apabila kalian tidak tahu akan jalannya atau mungkin kalian menyasar ke jalur petunjuk tetap selalu gunakan Google Maps. Karena untuk lokasi peta Danau Situ Patenggang telah ada dan dapat dijadikan lokasi tujuan kalian.

Tiket atau Harga Masuk ke Tempat Wisata Danau Situ Patenggang
Untuk biaya masuk sangatlah terjangkau yaitu dengan tiket masuk sebesar Rp.18.000 per orang kita dapat memasuki Tempat Wisata Danau Situ Patenggangan, dan juga ada yang mengelola menjadikan Tempat Wisata Curug Cipendok tetap bersih dan indah. Tapi beda dengan tarif mancanegara yang mencapai Rp. 135.000 per orang.

Pesona yang Kalian Dapatkan di Tempat Wisata Danau Situ Patenggangan
Ig from : @fakirpiknik
Kalian dapat rasakan ketenangan danau dengan berkeliling dengan menggunakan perahu yang banyak disewakan di pinggir danau. Kalian yang tidak terbiasa menaiki perahu tidak perlu takut karena kondisi perahu yang ada di Situ Patenggang cukup kokoh dan terawat dengan baik.

Di samping itu ada berbagai pilihan transportasi untuk bisa menyusuri danau Situ Patenggang ini diantaranya kalian bisa menggunakan perahu boat, sepeda air ataupun perahu dayung dengan harga yang tentunya bervariasi.

Anda yang mempunyai hobi memancing sepertinya tidak boleh melewatkan sensasi menarik ikan dari dasar Danau Situ Patenggang. Berbagai jenis ikan air tawar hidup dan berkembang biak di dalam danau ini. Tentu membuat anda yang punya hobi memancing tentu akan tertarik memancing di danau ini.
Ig from : @henriansyah
Bagi kalian yang datang dengan berombongan bisa berpiknik di pinggir danau dengan menyewa gazebo ataupun tikar yang ada disekitar danau. Dijamin seru dan andapun akan betah berlama-lama di objek wisata ini.

Sama halnya dengan objek wisata alam yang ada di Kabupaten Bandung, Situ Patenggang ini juga kaya dengan spot-spot pemandangan yang menunjang pengambilan gambar foto prawedding ataupun hanya sekedar selfie bersama teman ataupun keluarga.

Fasilitas yang Diberikan di Tempat Wisata Danau Situ Patenggang

Untuk fasilitas diwilayah Tempat Wisata Danau Situ Patenggang  ini terbilang sangatlah komplit karena telah tersedia fasilitas-fasilitas pendukung buat liburan kalian yaitu :
1. Tempat Beribadah ( seperti Masjid atau Mushola)
2. Parkiran Kendaraan Pribadi seperti sepeda motor atau bahkan mobil
3. Rumah makan atau Warung
4. Tempat peristirahatan
5. Kamar Mandi atau WC

Ayolah berkunjung kewisata Danau Situ Patenggang, kalian ngga bakalan nyesel deh. Dan jangan lupa apabila kalian berkunjung kesini ajak keluarga dan teman-teman kalian yah.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Keindahan Danau Situ Patenggang yang Wajib Dikunjungi"

  1. Balasan
    1. Ayo gan. Lihat yang lain juga. Masih banyak kok

      Hapus
  2. Mantap infonya gan, tinggal ditata aja template blognya gan supaya menarik pembaca. Teruskan lagi karyamu gan.

    Jangan lupa mampir ke blog ane yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke gan. Sudah kok kunjunginya. Makasih yah gan

      Hapus
  3. Keren nih wisatanya , dan mudah mudahan aja bisa piknik keciwedey ya .
    makasih gan bermanfaat banget

    BalasHapus