Pesona Wisata Curug Cipendok yang Indah Dikunjungi

Wisata Curug Cipendok - Banyumas, Jawa Tengah memang mempunyai pesona alam yang sangat banyak terutama yaitu curug atau air terjun. Curug-curug yang ada di Baturraden tak hanya disitu saja. Kini lagi terdapat curug yang berada didaerah Kecamatan Cilongok. Tak kalah dengan curug-curug yang ada di Baturraden curug Cipendok kini pun telah dijadikan Tempat Wisata. Pesona Alam Indonesia Inilah akan membahas tentang keindahan Tempat Wisata Curug Cipendok
Ig from : @curugcipendok_
Lokasi yang Ditempuh Menuju Tempat Wisata Curug Cipendok

Curug Cipendok berjarak sekitar 15 km barat kota Purwokerto dengan waktu tempuh setengah jam atau sekitar 7 km dari daerah Ajibarang.  Untuk berkunjung ke Curug Cipendok tidaklah terlalu susah. Namun karena belum ada angkutan umum yang resmi untuk sampai ke sana, sehingga jika kita ingin mengunjungi tempat ini kita harus dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil.

Sedangkan jika dari kota Purwokerto dengan lewat jalan Jendral Sudirman ke arah alun-alun. Lalu lurus ke Jalan Raya Losari atau sekitar 7 km dari Purwokerto.  Selanjutnya, kita akan menemui plang tanda jalan untuk masuk ke curug yang berada di sebelah kiri jalan raya.  Plang masuk ini terletak di rambu lampu kuning yang berkelap-kelip di pertigaan Jalan Raya Cilongok.

Dari pertigaan tersebut, kita ambil belokan ke kanan malalui jalan raya Cilongok yang berjarak sekitar 8 km sampai pintu gerbang Curug Cipendok ini. Kondisi jalan ini cukup berkelok serta naik. Namun karena kondisi jalannya yang sudah beraspal semua serta ada penunjuk jalan akan membuat kita merasa nyaman saat berkunjung.

Setelah sampai di pintu gerbang perjalanan, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan jarak sekitar 1 km sampai tiba di lokasi area parkir.  Dari lokasi parkir inilah untuk menuju ke Curug Cipendok, kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang berjarak sejauh 500 meter dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit.

Dan apabila kalian tidak tahu akan jalannya atau mungkin kalian menyasar ke jalur petunjuk tetap selalu gunakan Google Maps. Karena untuk lokasi peta Curug Cipendok  telah ada dan dapat dijadikan lokasi tujuan kalian.

Tiket atau Harga Masuk ke Tempat Wisata Curug Cipendok

Untuk biaya masuk sangatlah terjangkau karena masih murah dan tidak juga mengocek dompet yaitu dengan tiket masuk sebesar Rp.7.000 per orang kita dapat memasuki Tempat Wisata Curug Cipendok, dan juga ada yang mengelola menjadikan Tempat Wisata Curug Cipendok tetap bersih dan indah.

Pesona yang Kalian Dapatkan di Tempat Wisata Curug Cipendok

Curug Cipendok adalah curug yang memiliki ketinggian sekitar 93 m yang masuk kedalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan, Banyumas Timur. Lingkungan di curug ini masih alami dengan hutan produksi dan lindung yang terjaga baik, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri.  Kesunyian yang ada disekitar curug ini masih terasa dimana belum banyak pelancong yang berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya.

Di kawasan area curug cipendok akan dijumpai beberapa pos untuk beristirahat, saat di pos pertama akan banyak dijumpai gazebo, serta permainan anak dan wahana flying fox kemudian menuju pos selanjutnya harus menuruni jalanan bebatuan yang saat musim hujan lumayan licin jadi harus berhati-hati saat melangkah. Sesampai di pos 2 terdapat sebuah bangunan rumah permanen yang biasanya digunakan untuk tempat rehat sejenak melepas lelah atau berteduh saat hujan serta ke toilet.

Dari depan pos 2 ini keindahan curug cipendok sudah terlihat dari kejauhan sehingga banyak yang mengabadikannya dalam sebuah foto baik foto landscape maupun berfoto selfie dengan latar belakang air terjun atau curug yang dikelilingi bukit-bukit diatasnya. Kemudian dari pos 2 ini untuk sampai ke area kubangan curug harus menempuh perjalanan menuruni jalan bebatuan sekitar 100 meter.

Ig from : @bkn_photographer
Sesampai di curug, akan disambut dengan kesegaran dinginnya air dan kejernihannya khas daerah pegunungan yang akan mengobati penat setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Bebatuan besar di sekitar Curug Cipendok pun bisa digunakan sebagai tempat duduk beristirahat sambil menikmati sejuknya embun air dari cipratan Air Terjun Curug Cipendok yang terbawa oleh angin sepoi-sepoi.

Fasilitas yang Diberikan di Tempat Wisata Curug Cipendok

Untuk fasilitas diwilayah Tempat Wisata Curug Cipendok  ini terbilang sangatlah komplit karena telah tersedia fasilitas-fasilitas pendukung buat liburan kalian yaitu :
1. Tempat Beribadah ( seperti Masjid atau Mushola)
2. Parkiran Kendaraan Pribadi seperti sepeda motor atau bahkan mobil
3. Rumah makan atau Warung
4. Tempat peristirahatan
5. Kamar Mandi atau WC

Ayolah berkunjung kewisata yang ada di Banyumas, Jawa Tengah ini, kalian ngga bakalan nyesel deh. Dan jangan lupa apabila kalian berkunjung kesini ajak keluarga dan teman-teman kalian yah. Curug Cipendok akan selalu menanti kedatangan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pesona Wisata Curug Cipendok yang Indah Dikunjungi"

Posting Komentar